learn to read2Membaca mampu membuka jendela wawasan kita untuk mengenal dunia dan segala pengetahuan di dalamnya dengan cara dan pendekatan  tersendiri. Memiliki kebiasaan membaca, tidak datang dengan sendirinya. Hal ini perlu diperkenalkan dan dilatih sedini mungkin.

Jika anda menginginkan anak anda membaca, maka sering-seringlah anda membaca bersama anak anda. Jika mereka melihat anda membaca dengan nikmat, maka mereka akan turut membaca dan kelak menjadi seorang “kutu buku”.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk membantu anda mengajari anak membaca:

1. Membacalah Bersama Anak Anda

Pilihlah tempat yang tenang di rumah, atau anda bisa pergi ke perpustakaan. Adalah suatu hal yang baik jika anda memilih waktu yang khusus untuk membaca dengan anak anda setiap hari. Dengan cara ini anak anda akan selalu menanti-nanti waktu untuk membaca bersama anda. Hal ini dikarenakan anak menyukai suatu yang rutin. Tambahan lagi anda memiliki waktu banyak yang berkualitas bersama anak anda. Cukup 20 menit perhari anda luangkan membaca bersama mereka.

2. Gunakan Buku-Buku Yang Berirama

Cara ini dapat Anda lakukan sebagai langkah awal untuk menarik minat baca anak . Kata-kata yang berirama yang mudah diingat akan menarik perhatian anak. Lama-lama mereka akan mulai menceritakan isi buku itu dengan ingatannya.

3. Diskusi

Pastikan bahwa Anda selalu mendiskusikan dengan anak anda tentang gambar-gambar yang mereka lihat sebelum atau sesudah membaca setiap halaman, . Bertanyalah kepada mereka, misalnya, “Kira-kira apa yang terjadi kemudian ya?”. Hal ini untuk memastikan dia masih tertarik pada cerita itu.

4. Ajarilah Mereka Untuk Mengenali Kata-Kata

Garis bawahilah kata-kata itu dengan jari anda ketika anda membacanya. Anak anda akan mulai menghubungkan antara kata yang anda ucapkan dengan kata-kata yang tertulis di buku. Segera dia akan mulai mengenal kata-kata dan frase.

5. Doronglah Mereka Untuk Membaca

Ketika dia sudah bisa membaca beberapa kata, anda harus mulai mengajari mereka membaca kalimat. Semakin anda mendorong mereka maka mereka akan semakin berkeinginan untuk berhasil.

 

Sumber: www.pondokibu.com

Related posts:

Ingin terima update artikel baru melalui email?

Masukkan email, lalu klik tombol kirim.
Jangan lupa cek email untuk lakukan verifikasi

This entry was posted in Parenting and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *