playing4Memperhatikan tumbuh kembang bayi Bunda yang berusia antara 12 – 18 bulan tentunya merupakan masa-masa yang tidak ingin Bunda lewatkan karena terlalu banyak hal baru yang mereka pelajari dan ingin Bunda saksikan sendiri.

Nah, untuk membantu Bunda mengetahui perkembangan apa saja yang perlu dicapai oleh di kecil pada usia tersebut, berikut beberapa panduan yang dapat Bunda jadikan sebagai acuan.

A. Kemampuan Perkembangan Yang Harus Dicapai Anak Hingga Mendekati Usia 18 Bulan :

Gerak Kasar : Berjalan sendiri tanpa jatuh
Gerak halus : Mengambil benda kecil ke atas sebesar biji jagung dengan ibu jari dan telunjuknya (menjumput)
Bicara, bahasa, dan kecerdasan : Mengungkapkan keinginan secara sederhana
Bergaul dan Kemandirian : Minum sendiri dari gelas tanpa tumpah

B. Stimulasi Perkembangan Yang Perlu Diberikan :

– Melatih anak berjalan mundur : Bila anak dapat berjalan sendiri, latihlah ia berjalan mundur. misalnya dengan memberi mainan uang dapat ditarik, kemudian ia diminta menarik mainanya ssambil berjalan mundur.

Bermain dengan anak melempar dan menangkap bola: Ajarilah anak menangkap dan melempar bola. Pakailah bola besar, dan bila anak sudah dapat melakukannya, pakailah bola yang lebih kecil.

– Bermain dengan anak, menendang bola kesasaran: Ajarilah anak menendang bola. Bila ia sudah dapat melakukannya, mintalah agar ia menendangnya ke arah sasaran (misalnya botol plastik). Bola dapat dibuat sendiri dari buntalan kertas/kain..

– Melatih anak berjalan naik turun tangga: Bila anak sudah dapat berjalan sendiri ajaklah ia naik/turun tanga dengan berpegangan. jagalah agar ia tidak terjatuh.

– Melatih anak memasukkan benda yang lebih kecil ke dalam benda yang lebih besar. Sediakanlah kardus/mangkuk plastik dari berbagai ukuran. ajarilah anak untuk memasukkan benda yang kecil ke dalam benda yang lebih besar. latihlah agar ia dapat melakukannya sendiri.

– Memberi kesempatan kepada anak untuk melepas pakaiannya sendiri. Ajarilah anak untuk melepaskan pakaianya. Biarkan ia melakukannya sendiri, bantulah bila ia belum bisa membuka kancing baju.

– Melatih anak menunjuk dan menyebutkan nama bagian tubuh. Ajarilah anak menunjuk dan menyebutkan bagian-bagian tubuhnya. Latihlah ia utuk mempelajarinya.

 

Sumber: www.pondokibu.com

Related posts:

Ingin terima update artikel baru melalui email?

Masukkan email, lalu klik tombol kirim.
Jangan lupa cek email untuk lakukan verifikasi

This entry was posted in Tumbuh Kembang Bayi & Balita and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *